Sejarah singkat Baden Powell

ROBERT STEPHENSON SMYTH BADEN-POWELL


SALAM PRAMUKA!!!!!!

Sekarang kami akan bahas siapakah Baden Powell itu, apakah dedikasi dan jasa dia untuk pramuka. dan kenapa kami Pramuka SMPN 107 JKT membuat kegiatan lomba Pramuka dengan memakai nama dirinya.

kita simak penjelasannya.......

Robert Stephenson Smyth Baden-Powell  juga dikenal sebagai BPbipi atau Lord Baden-Powell, adalah seorang tentara tentara, penulis, dan pendiri Gerakan Kepanduan.

Beliau lahir pada tanggal 22 February 1857 di Paddington, London, Inggris. Ibunya yang bernama Henrietta Grace Smyth merupakan seorang putri dari admiral kerajaan William T Smyth dan ayah dari Baden-Powell Prof. Domine Baden-Powell seorang guru besar geometri di Universitas Oxford, Inggris. Serta Baden-Powell memiliki 9 orang saudara kandung

Pada tahun 1870 Ibu Baden-Powell memasukan dirinya ke Charterhouse School dan setelah lulus dari sekolah tersebut Baden-Powell masuk ke dinas militer yang dibantu oleh paman nya. pengalaman Baden-Powell di ketentaraan inilah yang mempengaruhi gerakan kepanduan di Inggris. 

Baden-Powell pada tahun 1908 menulis buku Scouting For Boys Buku inilah yang mengakibatkan perkembangan kepanduan menjadi semakin besar. Buku ini menyebar di seluruh daratan Eropa sampai ke daerah-daerah jajahan. Pada tahun 1910, Baden-Powell meletakkan jabatannya di dinas ketentaraan dengan pangkat terakhirnya adalah Letnan Jendral. Dan mulailah Baden-Powell berkonsentrasi penuh untuk mengembangkan kepanduan ke seluruh dunia. Pada tahun 1912, Baden-Powell mengadakan perjalanan keliling dunia untuk menemui para pandu di berbagai negara. 

Pada tahun 1920, para pandu sedunia berkumpul di Olimpia, London, Inggris dalam acara Jambore Dunia yang pertama. Pada hari terakhir kegiatan jamboree tersebut (6 Agustus 1920). Baden-Powell diangkat sebagai Chief Scout Of The World atau Bapak Pandu Sedunia

Setelah itu Baden-Powell kembali ke tanah yang dicintainya, Afrika. Dan Baden-Powell menghabiskan masa tuanya di Nyeri, Kenya. Beliau akhirnya, meninggal dunia pada tanggal 8 Januari 1941.

itu adalah ringkasan singkat dari Kisah Founding Father kita. oleh karena itu kami Pramuka SMP Negeri 107 Jakarta ingin mengenang Jasa jasa beliau dengan mengadakan sebuah event Kegiatan Kepramukaan dengan Judul

"SCOUT COMPETITION FOR BADEN POWELL"










Komentar